Friday, January 6, 2012

cara meningkatkan keamanan email gmail dari hacker

Khusus bagi yang mempunyai akun gmail, sekarang email gmail sudah dilengkapi dengan apa yang disebut 2 Step Verification. Yaitu sistem verifikasi email yang memiliki 2 tahap, pertama verifikasi password, dan yang kedua verifikasi kode yang dikirimkan melalui handphone/sms. Jadi mirip seperti sistem online banking. Sehingga hacker yang mau membajak akun anda, meskipun dia sudah mengetahui password anda tapi kalo tidak memiliki kode tersebut tetap saja tidak bisa masuk. Karena anda saja yang mengetahui kode yang tersimpan di handphone anda.

Untuk mengaktifkan 2 Step verification ini bisa melalui tahap berikut :

1. Masuk ke akun Google anda.
2. Pilih Manage Account/Setelan Akun, bisa lewat tautan : https://www.google.com/accounts/ManageAccount
3. Lalu akan ada tautan seperti gambar di bawah.


Pilih Using 2-Step Verification. Anda akan di bawah ke panduan yang membimbing anda untuk mengaktifkan fitur ini. Prosesnya tidak lama kurang lebih 15 menit. Anda akan diminta memasukkan nomor telepon, dan nomor telepon cadangan seandainya anda kehilangan nomor telepon utama.

Setelah fitur ini aktif, kapanpun anda masuk ke akun google anda, setelah memasukkan password, Google akan menelpon anda dengan kodenya, mengirimkan sms, atau memberikan pilihan untuk anda membuat code sendiri menggunakan aplikasi mobile di iPhone, Android atau Blackberry smartphone anda. Lalu setelah memasukkan kode yang di dapat, baru anda bisa masuk ke akun tersebut. Anda selalu dapat memilih opsi “Remember verification for this computer for 30 days”, dan Anda tidak perlu memasukkan kembali kode tersebut selama 30 hari.

Memang memerlukan langkah ekstra, tapi memberikan keamanan ganda untuk akun anda dari tangan2 jahil karena memerlukan dua kombinasi yang anda tahu yaitu: – username dan password-, serta satu hal yang hanya anda sendiri yang punya, yaitu handphone anda. Jadi akan banyak menyulitkan siapapun yang mencoba membajak akun email anda.

No comments: