Wednesday, April 13, 2011

Cara Bobol Password Admin Windows 7,Windows Xp,dan Windows Vista

lupa passwordSetelah saya mengamati kata kunci yang membawa visitor masuk blog ini, Lupa Password Windows. Saya tahu mereka pastilah kecewa karena saya belum pernah membahasnya secara khusus. Yang pernah saya bahas baru sebatas reset password BIOS dan Recovery Pasword Windows menggunakan flasdisk. Masalah utamanya adalah bagaimana jika tidak ada recovery password dan Anda sama sekali lupa passwordnya dan Anda tidak bisa masuk desktop?
Jangan stress dulu ya, pastilah ada jalan keluarnya dan lumayan mudah diterapkan. Tetapi sebelumnya, logika Anda harus tepat mengenai struktur user dalam versi Window XP, Windows Vista, Windows 7. Perhatikan gambar dibawah ini yang saya ambil dari windows Vista.
account
Pada gambar diatas terlihat bahwa pada Windows (yang sedang dioperasikan) terdapat tiga user yaitu CUMK, Q-BONK dan YUMI semua diproteksi dengan password.
  1. CUMK Administrator merupakan user acount bawaan windows dengan hak akses tertinggi bagi semua level user windows.
  2. Q-BONK merupakan user ciptaan tetapi memiliki hak setara administrator CUMK. Pihak yang berhak membuat user setingkat ini adalah Administrator CUMK.
  3. YUMI adalah user dengan level pengguna yang sangat rendah, hanya bisa sebagai pengguna komputer dan tidak berhak menginstall dan mengubah bagian vital dari sistem operasi. Pihak yang bisa membuat user setingkat ini adalah CUMK dan Q-BONK.
User dengan level Administrator CUMK memiliki hak untuk melakukan akses dan perubahan terhadap sistem Windows seperti mengakses msconfig, regedit, dan sebagainya. User Administrator Q-BONK juga memiliki hak akses yang sama. Sedangkan user YUMI, hanya bisa melakukan pengoperasian Windows tanpa memiliki hak akses yang besar terhadap konfigurasi sistemnya.
Berkaitan dengan lupas password windows, inilah kemungkinannya;
  1. Jika saya lupa password account YUMI maka saya bisa mengatasinya dengan login sebagai CMUK atau Q-BONK lalu membuang password user YUMI dari Control Panel.
  2. Jika saya lupa password administrator CUMK maka saya bisa mengatasinya dengan login sebagai Q-BONK lalu membuang password administrator CMUK dari Control Panel. Demikian juga sebaliknya.
  3. Kalau saya lupa pasword administrator CMUK dan Q-BONK? Inilah malapetakanya karena saya tidak bisa masuk desktop, dan itulah yang akan kita bahas pada artikel ini
Singkatnya masalah kita kali ini adalah; lupa password administrator Windows, tidak punya disk reset password, tidak bisa masuk desktop. Ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini misalnya;
  1. Bisa mengunakan windows XP recovery console secara manual utk membuka folder C:WindowsSystem32Config. Hapuslah file SAM di dlmnya. Langkah ini akan menghapus semua user account di dlm PC, termasuk administrator account, sehingga ketika kamu login lagi admin password akan kosong. CATATAN : Bagi Anda yang termasuk pemula reparasi komputer saya tidak menganjurkan cara ini karena ada resiko-resiko lain yang bisa muncul jika salah menghapus file.
  2. Cara kedua yang saya anjurkan adalah menggunakan software Ophcrack. Mengenai penggunaan software ini telah saya bahas pada artikel ini;  Mengatasi Lupa Password Windows Dengan Ophcrack

No comments: