Tuesday, February 21, 2012

Skripsi Vs Ngeblog - Pusing Ngerjain Skripsi Gara-Gara Ngeblog


skripsi-vs-ngeblog
Skripsi Vs Ngeblog - Pusing Ngerjain Skripsi atau Ngeblog
Mendengar Kata “Skripsi” mungkin agak sedikit parno bagi mahasiswa tingkat akhir. Lihat deh ekspresi mereka (mahasiswa tingkat akhir) kalau ditanya tentang skripsi pasti mimik wajah mereka berubah. Hehehe. Saya sendiri belum termasuk mahasiswa terakhir, tapi sebentar lagi akan dihadapkan dengan yang namanya “skripsi”. Salah satu kerabat saya pernah mengeluarkan sebuah argument,
“Kamu kan sudah bisa ngeblog, pasti gampanglah buat skripsi, kan sudah biasa nulis”
Ternyata argument ini juga disetujui oleh beberapa kerabat yang lain. Hadeeeuuhhh rasanya seperti dilempar spring bed ketika dilontarkan pendapat seperti itu. Padahal kan ngeblog itu berbeda dengan membuat skripsi. Dari pengalaman orang sekitar saya, para blogger yang jam terbangnya sudah dibilang lebih tinggi dari saya, mereka kesulitan dalam menyelesaikan skripsi. Awal sebelum saya mencoba ngeblog, saya heran dengan mereka, kenapa yang sudah terbiasa membuat tulisan, tapi bikin skripsi aja kok lambat banget. Hehehe. Tapi ternyata, setelah saya mencoba ngeblog dan membandingkannya dengan membuat Laporan KKL saja sudah sungguh sangat sulit Laporan KKL. Laporan KKL aja sudah sulit apalagi skripsi. ckckckck.

Skripsi adalah suatu karya tulis ilmiah yang berisi paparan tulisan penelitian untuk membahas suatu masalah di bidang ilmu tertentu, skripsi biasanya merupakan syarat bagi mahasiswa untuk mendapatkan gelar sarjana. Skripsi juga mempunyai beberapa aturan dalam sistematika penulisannya. Ukuran huruf, margin, jenis penelitian yang digunakan, dan segala macamnya. Jadi skripsi itu nggak bisa di buat asal-asalan. Apalagi kalau skripsi pembuatannya dibimbing oleh dosen pembimbing, mana proses pembuatan sebuah skripsi itu berbeda-beda. Ada yang sampe 4 semester ga kelar-kelar. Kasian mereka udah dikejar-kejar orang tuanya buat cepet lulus, dan dikejar pacar yang minta dinikahin, tapi apa daya skripsi belom kelar. Factor yang mempengaruhi cepat atau tidaknya seseorang dalam menyelesaikan skripsi itu banyakkk, ga Cuma dari mahasiswa itu sendiri, terkadang dari dosen pembimbing yang membuat sulit pengerjaan skripsi itu. Kurang inilah, kurang itulah, bahkan ada yang tega sampai nyuruh ganti judul. Mangkanya ga sedikit dari mahasiswa di Indonesia yang depresi dengan yang namanya skripsi. ada yang sampai berhenti di tengah jalan karena ga kuat menghadapi dosen pembimbing skripsi, malah ada yang sampe kebawa ngiggo pas tidur menyebut kata-kata skripsi. Ga jarang juga ada yang jadi kurus gara-gara mikirin skripsi… Kasian yah merekaa, ga kebayang deh dalam beberapa bulan besok saya akan jadi apa :0\

Sedangkan ngeblog, atau blogging sendiri itu merupakan wadah bagi kita untuk mengekspresikan diri kedalam tulisan. Jadi dalam ngeblog juga ga ada aturan-aturan dalam membatasi kita untuk berekspresi. Penggunanaan bahasanya aja tidak harus menggunakan bahasa Indonesia baku, bisa kita campur pake bahasa daerah, bahasa gaul dan juga bahasa-bahasa yang lainnya. Dilihat dari segi jenisnya, blog ada bermacam jenis, ada blog fashion, blog pengetahuan, blog politik, blog kuliner, blog curhatan, dan lain-lain, isi blog tersebut dapat disesuaikan dengan passion masing-masing individu. Blog juga ga harus berisi sesuatu yang informatif, kalo mau curhat juga ga apa-apa asal kita rela membagi privacy kita. dengan orang lain. Ngeblog juga ga ada dosen pembimbingnya hahaha, dibebaskan ga ada aturan dalam penulisan, asalkan tidak menyinggung unsur SARA. Hehehe. enaknya ngeblog juga ngak harus di print out kayak skripsi, habis-habisin kertas aja. Harus mencintai bumi lah, jadi mengurangi pemakain kertas. Ngeblog juga ga dibuat stress dengan judul yang harus ada variable-variabelnya. Lewat ngeblog jiga kita bisa berbagi ilmu, berbagi informasi, mendapat teman, dan bahkan dapet duit. Semua itu tergantung individu masing-masing bagaimana cara memanfaatkan blog nya masing-masing. Bahkan sekarang personal branding pun dibangun melalui blog. Ternyata keuntungan yang diperoleh banyak banget yah.
perbedaan1
Jadi ga salah jika banyak diantara para blogger yang terlambat menyelesaikan skripsinya. Karena memang skrispsi lebih sulit dari pada ngeblog. Dan menurut saya sepertinya ngeblog itu lebih asik dari pada skripsi.

No comments: