Saturday, April 30, 2011

Trik Membuka Proteksi Klik Kanan Sebuah Website

Pernah buka detik.com kan? Saya rasa hampir semua netter Indonesia mengetahui web tersebut. Mungkin saat ini web tersebut adalah web portal berita terbesar di Indonesia. Banyak berita-berita yang diupdate tiap harinya di website tersebut.

Namun saya sering sekali menerima keluhan mengenai proteksi klik kanan di web tersebut dan juga bagaimana cara menanggulanginya, karena ada diantara beberapa rekan saya yang ingin mengambil berita dari website tersebut.

Detik.com bukanlah satu-satunya web yang menggunakan proteksi atas klik kanan di websitenya. Ada juga kafegaul.com dan mungkin banyak web lagi. Kedua web yang saya sebutkan itu memproteksi klik kanan pada tiap artikel. Artinya, pada halaman indeks, kita masih bisa menggunakan klik kanan, namun pada halaman artikel full, klik kanan sudah terproteksi.

Sebenernya, untuk menembus proteksi tersebut cukup gampang. caranya adalah sebagai berikut.

Jika anda seorang webmaster, tentunya tau pemrograman seperti apa yang digunakan untuk melakukan
proteksi tersebut. Proteksi tersebut menggunakan javascript.

Nah… mulai keliatan kan gimana cara melewatinya? yup.. kuncinya di settingan browser anda. Saya ambil contoh browser yang mulai terkenal di kalangan netter yaitu firefox. pada saat ini saya menggunakan firefox 1.5 (cupu.. di warnet alnya). Maka caranya adalah :

1. Klik Tools pada menu Firefox anda
2. Kemudian pilih Options
3. Akan ada beberapa Tab paling atas, pilih Content.
4. Kemudian hilangkan tanda centang pada Enable Javascript
5. Klik OK

No comments: