Friday, January 13, 2012

Tips Aman Berjelajah di Dunia maya

Sehebat apapun firewall dan antivirus yang anda miliki,  sebaiknya anda tidak usah sombong dengan merasa bahwa komputer anda adalah tempat teraman didunia, baik itu dari Virus, worm, serangan Hacker dll. karena jika anda merasa demikian maka anda telah salah besar.
Ok! dunia maya memang tidak aman, tapi setidaknya kita bsia berusaha mengamankan diri dari jahatnya dunia maya.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengganti antivirus anda menjadi antivirus yang ada fasilitas link detector nya yang mana ketika sebuah link yang dicurigai bervirus maka akan ditandai oleh antivirus tersebut, sebagai contoh saya menggunakan AVG sebagai antivirus! karena dengan antivirus ini ketika saya browsing di google dan menemukan banyak link sebagai result maka secara otomatis antivirus ini akan menampilkan mana link yang aman dan mana link yang tidak aman.
Tentu saja ini belum cukup untuk mengamankan PC atau Komputer kita dari berbagai mara-bahaya yang bertebaran di dunia maya, seperti yang saya bilang tadi bahwa anvir dan firewall tidak lah cukup untuk mengaman kan komputer anda. Yang terpenting dari semuanya adalah ketelitian dari diri anda sendiri ketika melakukan browsing, dan Berhati2lah terhadap serangan phising, karena metoda phising dapat dilakukan ke semua website yang mempunyai fasilitas Login.
Phising dilakukan dengan cara membuat halaman login palsu dari target tujuan, ketika si target mengetikan username dan password maka si halaman Login palsu tersebut (Buatan hacker tentu saja) akan mengirimkan user name dan password tersebut kepada tuannya!. dan hal semacam ini banyak digunakan oleh hacker untuk menjahili para pemilik layanan jejaring sosial seperti facebook, twiter, dan sebagainya..
saran saya untuk menghindari hal semacan ini adalah “INGAT!! SELALU PERHATIKAN URL SEBELUM ANDA MENGETIKKAN USER NAME DAN PASSWORD ANDA, DAN INGAT JIKAN ANDA BERFIKIR ANDA TELAH AMAN, MAKA ANDA SUDAH SALAH BESAR!!!

No comments: