Saturday, December 10, 2011

Java Emulator Untuk HP Android


Walaupun sudah begitu banyak apliksi android yang bisa digunakan, namun masih ada pengguna Android yang ingin menggunakan aplikasi Java untuk digunakan di gadget android nya. Namun pertanyaannya, Bisakah aplikasi Java dijalankan di ponsel/gadget Android? Jawaban nya tentu saja, Bisa! Karena aplikasi android sendiri (.apk) dibuat dengan bahasa pemprograman Java. Jadi tentus aja, aplikasi Java (.jar) juga bisa dijalankan di Android.
Lantas, Bagaimana cara menjalankan aplikasi Java di Android ? Ada beberapa cara yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan. Ada beberapa aplikasi yang bia digunakan, salah satunya yaitu JBed. JBed adalah aplikasi Emulator yang memungkinkan Anda untuk menjalankan game dan aplikasi J2ME pada ponsel android Anda.

Untuk beberapa ponsel samsung android kelas low end memang ada yang tidak dibekali fitur java di dalam hardwarenya, akan tetapi bukan tidak mungkin apabila sobat ingin menjalankan aplikasi java di samsung androidnya.salah satu solusinya adalah dengan menggunakan aplikasi JBED ini .
Download :

  • Jbed untuk android 2.1 (eclair) disini
  • Jbed untuk android 2.2 (froyo) disini
  • Jbed untuk android 2.3 (gingerbread) disini
  • Other Jbed disini
Untuk android 2.1 dan 2.2 instalasinya seperti biasa cari file apk nya lalu pilih instal, tapi untuk yang 2.3(gingerbread) ada sedikit perbedaan cara instalnya. berikut caranya:

  • Copy file Jbed.zip ke sdcard (/sdcard).biar mudah jgn ditaruh dalam folder
  • Matikan lalu restart Galaxy Mini ke mode Recovery. Caranya dengan menekan tombolPower + Home secara bersamaan sampai muncul menu recovery-nya.
  • Pilih Apply update from sd card. Gunakan tombol Volume untuk memilihnya, lalu tekan tombol Home.
  • Pilih file Jbed.zip yang telah di copy ke sdcard.
  • Setelah selesai, Reboot kembali Galaxy Mini anda dengan cara pilih Reboot system now
  • Dan selesai jbed sudah terinstal sebagai system di Galmin sobat
Btw ada masalah lagi ternyata gimana cara uninstal aplikasi Jbed tadi karena terinstal di system androidnya
Berikut caranya:

  1. Android sobat harus sudah diroot dulu , tujuannya agar bisa instal root explorer
  2. Download root xplorer lalu instal
  3. Buka aplikasi root xplorer,lalu buka system/app,sekarang pastikan sobat sudah mengklik mount r / w yaitu membaca / menulis (pilihan ini hanya akan datang setelah kita rooting ponsel) setelah mengklik mount r / w, akses r / w akan diaktifkan dan r / o akan dinonaktifkan seperti yang ditunjukkan pada gambar kemudian cari file beranama jbed.apk,kemudian delete jbed.apk setelah itu click lagi r/w sehingga menjadi r/o
  4. Restart android sobat 
  5. Done


Jadi dengan aplikasi ini kita juga bisa menikmati Opera Mini dan Aplikasi Handler java lainya ^^

No comments: