Sunday, October 2, 2011

Membuat menu daftar isi pada blogger

Menu daftar isi pada elemen blog perannya sangat penting. Ini berfungsi agar pembaca/pengunjung lebih leluasa dalam mengobrak-abrik riwayat tulisan kita. Ibarat buku, daripada capek membuka lembar demi lembar mencari tulisan yang diburu. Mending langsung saja tengok daftar isinya. Gampang kan? Makanya segera pasang menu daftar isi pada blog sobat.

Kebetulan, saya juga membuatnya. Untuk demo, coba klik menu Daftar isi pada deretan menu navigasi blogerdin. Nah, seperti itulah tampilan menu daftar isi yang saya maksud. Tertarik untuk membuat/memasangnya?

Segera bikin, Kebetulan saya masih ingat caranya. untuk membuat menu daftar isi pada blogger caranya sangat gampang saja koq sobat. Simak langkahnya seperti dibawah ini.

1. Login ke blogger, klik entri baru, lalu edit laman, lanjut dengan mengklik laman baru.

2. Pastekan kode script dibawah ini pada kolam laman baru. Berikut kodenya:

<script style="text/javascript" src="http://abu-farhan.com/script/daftarisibloggerarchive/tocbyarchivemin.js"></script><script src="http://blogerdin.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=100&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script>

Pada tulisan warna merah ganti dengan URL blog sobat.

4. Setelah selesai, klik tayangkan laman. Lalu akan muncul pertanyaan Seperti apakah tampilan Gadget Laman yang Anda inginkan? sobat pilih TIDAK ADA GADGET (tautkan laman secara manual). lalu klik SIMPAN DAN TERBITKAN
LAMAN
.

5. jika sudah terbit, klik lihat laman dan catat URL laman tersebut. Seperti contoh URL laman daftar isi blogerdin adalah http://blogerdin.blogspot.com/p/blog-page.html

6. Tinggal tambahkan sedikit modifikasi URL tersebut menjadi

<a href='http://blogerdin.blogspot.com/p/blog-page.html'>Daftar isi</a>

taruh dimana saja tempat yang sobat sukai. Seperti pada sidebar, atau pada menu navigasi seperti blogerdin.

7. Kalau seperti blogerdin. Harus sedikit mengoprek kode templatenya dan menyisipkan sedikit kode pada elemen template. kurang lebih tampilannya seperti dibawah ini.

<li><a expr:href='data:blog.homepageUrl'>Home</a></li>
<li><a href='http://www.blogger.com/profile/00299274318254556333'>Profil</a></li>
<li><a href='http://blogerdin.blogspot.com/p/blog-page.html'>Daftar isi</a></li>
<li><a href='http://blogerdin.blogspot.com/feeds/posts/default'>Postingan</a></li>


kode yang berwarna merah adalah kode yang harus ditambahkan.

Selesai deh, Sampai disini tugas saya sudah selesai untuk menshare cara membuat menu daftar isi pada blogger. Jika masih dirasa membingungkan. Jangan ragu, lemparkan saja pertanyaan sobat pada kolam komentar dibawah.

Selamat mencoba dan semoga berhasiL !

No comments: